0


Timnas Indonesia bermain imbang 2-2 dengan Vietnam di laga pembuka Grup A Piala AFF Suzuki 2014 di Stadion Nasional My Dinh, Sabtu (2014/11/22).

Hasil ini membuat posisi Indonesia berada di peringkat kedua dalam poin satu, kalah dua angka dari Filipina bahwa tindakan sebelumnya mengalahkan Laos 4-1. Sementara itu, Vietnam menempati urutan ketiga dengan satu titik.

Vietnam mencoba untuk mengambil alih permainan sejak menit awal. Beberapa kali skuad Toshiya Miura mampu merepotkan pertahanan dengan kecepatan Nguyen Xuan Thanh Nguyen Huy Hung dan.

Kesempatan pertama tim tuan rumah tercipta di menit kesembilan. Sayangnya, tendangan bola keras Nguyen Hai Anh dari dalam kotak penalti masih bisa ditepis kiper Indonesia, Kurnia Meiga.

Upaya Vietnam akhirnya membuahkan hasil di menit ke-11. Tujuannya datang dari tendangan pojok bahwa bola bisa dihalau Sergio van Dijk. Namun, bola halauan bahkan mengarah ke Que Ngoc Hai.

Cerdik, Que Ngoc Hai adalah tendangan ke tiang jauh untuk melihat Meiga sedikit keluar dari jaring. Ngoc Hai Que menendang bola ke pojok kanan atas gawang Indonesia.

Sepanjang babak pertama, Indonesia terlihat kesulitan mengembangkan permainan. Strategi pakan sisi dipamerkan lama mereka sering menemui jalan buntu karena dapat dengan mudah dipatahkan oleh para pemain Vietnam.

Sementara itu, pihak Indonesia dari sayap juga kurang maksimal. Gerakan Zulham Zamrun di sayap kiri dan kanan Boaz Solossa sering mudah dibaca. Itu akhirnya membuat off bola ke Van Dijk di lini depan macet.

Koordinasi bek masih lemah. Ahmad Jufrianto dan M Roby selalu kesulitan menjaga kecepatan dengan pemain sayap seperti Vietnam Vu Minh Tuan dan Nguyen Huy Hung.

Namun, Indonesia berhasil menyamakan kedudukan melalui sayatan Zulham Zamrun di menit ke-33. Gol tersebut dicetak oleh bek kesalahan Zulham setelah memanfaatkan Vietnam saat mengantisipasi umpan panjang Boaz.

Kebobolan, Vietnam mencoba membalas. Namun, beberapa peluang mereka sampai menit akhir babak pertama tidak menghasilkan gol. Skor 1-1 akhirnya bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Vietnam kembali mendapatkan peluang emas di menit ke-50. Sayangnya, Nguyen Hai Anh menendang bola di kotak penalti Indonesia dilanda pos kiri menentang tujuan tim.

Di babak kedua, kedua tim melakukan beberapa pergantian pemain. Di kubu Indonesia, Riedl menarik keluar Boaz dan masukkan Samson Arif Munip. Sementara itu, di kubu tuan rumah, Le Cong Vinh Nguyen Hai Anh datang pada.

Pergantian akhirnya terbayar untuk Vietnam. Karena, Cong Vinh Le mampu mencetak gol untuk menempatkan timnya unggul di menit ke-68 setelah kerjasama yang sangat baik dengan rekan-rekan di depan kotak penalti Indonesia.

Di babak kedua, lini tengah Indonesia kurang maksimal. Firman Utina akhirnya dimasukkan untuk meningkatkan aliran bola ke Sergio van Dijk yang tidak mendapatkan aliran bola dari lini tengah Indonesia.

Di menit ke-84, Indonesia akhirnya menyamakan kedudukan lewat torehan Samson Arif. Gol diciptakan Samson setelah kiper Vietnam, Tran Nguyen Manh, melakukan kesalahan saat hendak menangkap Samson sebenarnya tendangan bola berada dalam jangkauan.

Kedua tim mencoba untuk terus mencetak gol hingga menit akhir. Namun, sejumlah peluang yang berasal kedua tim gagal mengkonversi menjadi gol. 2-2 skor bertahan hingga laga akhirnya berakhir.

Post a Comment

No SPAM

 
Top